Selasa, 25 Juli 2017

PENERAPAN METODE TEAGTOUR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII.A DI SMP NEGERI 3 KERTOSONO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MISBACHUDIN

Abstrak.
Hasil  belajar  siswa  kelas VIII.A    di SMP Negeri  3 Kertosono  pada mata  pelajaran Bahasa
Inggris belum  sesuai dengan  yang diharapkan,  terlihat pada hasil belajarnya  siswa  sebelum
penelitian  tindakan  rata-rata nilai  tes baru mencapai 65  (kurang baik). Hasil  tersebut belum
mencapai KKM. Sedangkan pembelajarannyapun masih didominasi oleh guru. Solusi untuk
permasalahan  tersebut dengan memberikan sebuah  tindakan kelas dengan penerapan metode
TEAGTOUR. Metode  ini dirasakan  lebih  efektif,  karena materi  lebih mudah dikuasai   oleh
siswa  dan  lebih  memotivasi  guru  dalam  pelaksanaan  pembelajaran.  Tujuan  penelitian
tindakan  ini  adalah  untuk meningkatkan  hasil  belajar  siswa  kelas VIII.A  di SMP Negeri  3
Kertosono.  Penelitian  Tindakan  ini  terdiri  dari  3  siklus,  dengan  langkah-langkah  sebagai
berikut : 1) Planning, membuat skenario pembelajaran  dan instrumen yang diperlukan dalam
penelitian.  Misalnya  Lembar  Observasi,  kuisioner  siswa,  lembar  tes  ;  2)  Acting  :
melaksanakan pembelajaran sesuai skenario ; 3) Observing : mengambil data dan informasi ;
4) Reflecting : data hasil observasi direfleksikan untuk mengetahui perubahan-perubahan dan
merencanakan  kembali  kegiatan  selanjutnya.  Hasil  observasi  dalam  penelitian  ini
menunjukkan  adanya  peningkatan  pada  aspek  hasil  belajar  siswa.  Sebelum  Pembelajaran
menerapkan metode TEAGTOUR, rata – rata hasil belajar  siswa di kelas baru 65, pada siklus
I meningkat menjadi 76, pada siklus II     menjadi 77, dan pada siklus III menjadi 81 dengan
kategori  baik.  Hasil  observasi  PBM  menunjukkan  kinerja  guru  semakin  baik  dalam
pengelolaan  pengajaran maupun  pengelolaan  kelas,  dan  hasil  kuisioner  juga menunjukkan
penerapan metode TEAGTOUR pada pembelajaran bahasa Inggris berhasil dengan skor yang
diperoleh 31 atau 88%. Dengan harapan keberhasilan hari ini merupakan langkah awal dalam
peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri 3 Kertosono, khususnya pada mata pelajaran
bahasa Inggris.

Kata-kata Kunci : Metode TEAGTOUR, Hasil Belajar Siswa
FULL TEXT

Disqus Comments