MISBACHUDIN
Abstrak.
Hasil belajar siswa kelas VIII.A di SMP Negeri 3 Kertosono pada mata pelajaran Bahasa
Inggris belum sesuai dengan yang diharapkan, terlihat pada hasil belajarnya siswa sebelum
penelitian tindakan rata-rata nilai tes baru mencapai 65 (kurang baik). Hasil tersebut belum
mencapai KKM. Sedangkan pembelajarannyapun masih didominasi oleh guru. Solusi untuk
permasalahan tersebut dengan memberikan sebuah tindakan kelas dengan penerapan metode
TEAGTOUR. Metode ini dirasakan lebih efektif, karena materi lebih mudah dikuasai oleh
siswa dan lebih memotivasi guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Tujuan penelitian
tindakan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.A di SMP Negeri 3
Kertosono. Penelitian Tindakan ini terdiri dari 3 siklus, dengan langkah-langkah sebagai
berikut : 1) Planning, membuat skenario pembelajaran dan instrumen yang diperlukan dalam
penelitian. Misalnya Lembar Observasi, kuisioner siswa, lembar tes ; 2) Acting :
melaksanakan pembelajaran sesuai skenario ; 3) Observing : mengambil data dan informasi ;
4) Reflecting : data hasil observasi direfleksikan untuk mengetahui perubahan-perubahan dan
merencanakan kembali kegiatan selanjutnya. Hasil observasi dalam penelitian ini
menunjukkan adanya peningkatan pada aspek hasil belajar siswa. Sebelum Pembelajaran
menerapkan metode TEAGTOUR, rata – rata hasil belajar siswa di kelas baru 65, pada siklus
I meningkat menjadi 76, pada siklus II menjadi 77, dan pada siklus III menjadi 81 dengan
kategori baik. Hasil observasi PBM menunjukkan kinerja guru semakin baik dalam
pengelolaan pengajaran maupun pengelolaan kelas, dan hasil kuisioner juga menunjukkan
penerapan metode TEAGTOUR pada pembelajaran bahasa Inggris berhasil dengan skor yang
diperoleh 31 atau 88%. Dengan harapan keberhasilan hari ini merupakan langkah awal dalam
peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri 3 Kertosono, khususnya pada mata pelajaran
bahasa Inggris.
Kata-kata Kunci : Metode TEAGTOUR, Hasil Belajar Siswa
FULL TEXT
HomeUnlabelled
PENERAPAN METODE TEAGTOUR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII.A DI SMP NEGERI 3 KERTOSONO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Selasa, 25 Juli 2017
PENERAPAN METODE TEAGTOUR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII.A DI SMP NEGERI 3 KERTOSONO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Share this
Recommended
Disqus Comments