Vera Septi Andrini
Abstrak
Tujuan dari penulisan ini adalah (1) mendesain pembelajaran dengan menggunakan
model flipped classroom di perguruan tinggi, (2) mendeskripsikan kesahihan
penggunaan model flipped classroom untuk meningkatkan hasil belajar. Kajian ini
merupakan kajian konseptual dalam mendesain pembelajaran dengan menggunakan
model flipped classroom. Studi empiris menggunakan studi literatur yang bersumber
dari jurnal-jurnal terkait dengan permasalahan dalam paper ini. Hasil kajian
memperlihatkan bahwa, (1) pembelajaran model flipped classroom, dapat didesain
dengan rancangan meliputi tahapan tatap muka, siswa diminta untuk belajar mandiri
di rumah mengenai materi untuk pertemuan berikutnya, dengan menonton video
pembelajaran karya guru itu sendiri ataupun video pembelajaran dari hasil upload
orang lain, tahapan pembelajaran di kelas, peserta didik dibagi menjadi beberapa
kelompok heterogen, tahapan guru pada saat kegiatan belajar berlangsung adalah
memfasilitasi berlangsungnya diskusi dengan model cooperatif learning dan tahap
akhir guru memberikan kuis/tes sehingga siswa sadar bahwa kegiatan yang mereka
lakukan bukan hanya permainan, tetapi merupakan proses belajar, serta guru berlaku
sebagai fasilitator dalam membantu siswa dalam pembelajaran serta menyelesaikan
soal soal yang berhubungan dengan materi. (2) Bukti kesahihan model flipped
classroom memperlihatkan kekuatan bahwa model ini dapat meningkatkan hasil
belajar pada berbagai ranah kognitif.
Kata-kata kunci: flipped classroom, hasil belajar
HomeUnlabelled
DESAIN PEMBELAJARAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DALAM KAITANNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Selasa, 25 Juli 2017
DESAIN PEMBELAJARAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DALAM KAITANNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Share this
Recommended
Disqus Comments