Selasa, 25 Juli 2017

DESAIN PEMBELAJARAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DALAM KAITANNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

 Vera Septi Andrini

Abstrak

Tujuan dari penulisan  ini adalah  (1) mendesain pembelajaran dengan menggunakan
model  flipped  classroom  di  perguruan  tinggi,  (2)  mendeskripsikan  kesahihan
penggunaan model  flipped  classroom  untuk meningkatkan  hasil  belajar.  Kajian  ini
merupakan  kajian  konseptual dalam mendesain pembelajaran dengan menggunakan
model  flipped classroom. Studi empiris menggunakan studi  literatur yang bersumber
dari  jurnal-jurnal  terkait  dengan  permasalahan  dalam  paper  ini.  Hasil  kajian
memperlihatkan  bahwa,  (1)  pembelajaran model  flipped  classroom,  dapat  didesain
dengan rancangan meliputi tahapan tatap muka, siswa diminta untuk belajar mandiri
di  rumah  mengenai  materi  untuk  pertemuan  berikutnya,  dengan  menonton  video
pembelajaran  karya  guru  itu  sendiri  ataupun  video  pembelajaran  dari  hasil  upload
orang  lain,  tahapan  pembelajaran  di  kelas,  peserta  didik  dibagi menjadi  beberapa
kelompok  heterogen,  tahapan  guru  pada  saat  kegiatan  belajar  berlangsung  adalah
memfasilitasi  berlangsungnya  diskusi  dengan  model  cooperatif  learning  dan  tahap
akhir guru memberikan  kuis/tes  sehingga  siswa  sadar bahwa  kegiatan  yang mereka
lakukan bukan hanya permainan, tetapi merupakan proses belajar, serta guru berlaku
sebagai  fasilitator dalam membantu  siswa dalam pembelajaran  serta menyelesaikan
soal  soal  yang  berhubungan  dengan  materi.  (2)  Bukti  kesahihan  model  flipped
classroom  memperlihatkan  kekuatan  bahwa  model  ini  dapat  meningkatkan  hasil
belajar pada berbagai ranah kognitif.

Kata-kata kunci: flipped classroom, hasil belajar

Disqus Comments